Usaha Masyarakat “Produksi gasing”

Pembuatan Gasing
Desa Bokor – Gasing adalah jenis permainan yang dapat berputar melalui keseimbangan pada suatu titik tengah, Permainan gasing termasuk jenis permainan yang tertua yang sudah dikenal sejak zaman dahulu, Gasing biasanya dimainkan oleh anak-anak dan orang tua atau dewasa.
Gasing umumnya dibuat menggunakan kayu yang keras, walaupun dewasa ini sudah banyak kita jumpai gasing yang dibuat menggunakan plastik. Pada zaman dulu gasing dibuat dengan cara tradisional, yaitu dengan cara mentarah hingga berbentuk gasing, namun semakin kemajuan zaman dan semakin berkembangnya pola pikir manusia pembuatan gasing juga semakin maju, sehingga hasil yang didapatkan menjadi lebih banyak dan lebih bagus. Itulah juga yang dilakukan salah seorang warga yang berada di Desa Bokor Kecamatan Rangsang Barat Bapak Musri dalam hal membuat gasing beliau juga menggunakan cara yang sedikit modren yaitu dengan cara membuat seperti mesin bubut hasil ciptaan sendiri untuk memproduksi gasing, sehingga hasil gasing yang dibuatnya menjadi lebih baik dan cepat. Bahan dasar yang Beliau gunakan untuk membuat gasing beragam mulai dari kayu Bakau, kayu wuni maupun kayu kempas, syarat kayu yang dipilih sebagai bahan dasar yaitu jenis kayu keras, supaya gasing yang dihasilkan tahan lama dan bagus, harga gasing yang dihasilkan juga beragam, tergantung dari besar, dan jenis kayu dihasilkan, harganya berkisar Rp.20.000 – Rp.100.100. Untuk saat ini pasar gasing hanya masyarakat sekitar Desa Bokor Kecamatan Rangsang Barat, harapan beliau dengan menjadi pengerajin gasing agar jenis permainan rakyat ini tidak punah, karena semakin banyaknya jenis permainan anak-anak dan orang dewasa yang datangnya dari luar Khususnya Indonesia.
Untuk memproduksi gasing Bapak Musri hanya melakukannya pada malam hari, dan siangnya bekerja serabutan, ini dikarenakan hasil yang didapat dari produksi gasing masih belum mencukupi untuk kebutuhan hariannya, permintaan akan gasing masih sedikit dan tergantung musim. Selain produksi gasing Bapak Musri juga memproduksi beberapa kerajinan tangan berbahan kayu yang lainnya seperti asbak rokok, pot bunga, dan lain sebagainya.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentar dan Saran Anda :