Peroses Persiapan Untuk Malam 27 puasa atau Disebut Malam 27 Likur

Desa Bokor – Suatu tradisi yang mana pada bulan suci ramadhan dilakukan pemasangan api colok yang merupakan syair islam sebagai hiasan-hiasan lampu yang bernuansa islami. dusun durian tampak pemuda-pemuda dengan tokoh masyarakat setempat antusias beramai-ramai mengerjakan pembuatan menara gaba-gaba api colok. api colok di buat bernuansa islami dengan tema marhaban ya ramadhan,sesuai ciri khas kreativitas daerah. rencana pemasangan api colok disetiap dijalan-jalan dan dalam gang perumahan warga.
Adapun perlengkapan seadanya dengan swadaya masyarakat dusun durian memamfaatkan pengambilan kayu-kayu disalah satu hutan desa dan hutan masyarakat yang sudah dapat izin untuk penebangannya. dan tampak kompaknya partisipasi masyarakat rela menyumbangkan dana untuk jadinya pembuatan api colok tersebut. tradisi pemasangan api colok sudah menjadi tradisi setiap tahun diakhir bulan ramadhan dalam menyambut malam takbiran hari raya idul fitri 1437 H. yang di laksanakan biasanya mulai malam 27 hari bulan ramadhan atau sering disebut dengan ( 27 likur ) sampai malam takbiran.
Harapan pemuda-pemuda dusun durian tradisi ini akan berkelanjutan ditahun-tahun berikutnya,karna sudah berapa tahun kemudian tenggelam kekompakan-kekompakan pembuatan gaga-gaba api colok di dusun durian tersebut. pembuatan menara gaba-gaba didesa bokor di perkirakan sekitar 9 gapura, dusun durian ada 1, dusun cempedak ada 2, dusun kepala ada 2 dan dusun manggis ada 4.
Baca Juga : 
 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentar dan Saran Anda :