Pesona Wisata Budaya Desa Bokor

Desa Bokor – Asal muasal kata Bokor artinya suatu wadah atau yang lebih tepat lagi tempat berbentuk piring atau mangkok yang terbuat dari tembaga atau emas, Menurut cerita dari pemuka masyarakat bahwasanya sewaktu perahu kerabat Raja Siak dan keluarganya lari dikejar lanun atau perampok diperairan Selat panjang sampailah dengan tidak diduga sehingga menuju disuatu sungai  dan pada hari-hari berikutnya perahu Raja Siak tersebut istirahat dan pada suatu hari sewaktu memandikan anaknya dengan mengunakan Wadah tersebut dengan tergesa-gesa  maka jatuhlah wadah kedalam sungai itu ,sampai berhari-hari ternyata wadah tersebut tidak ditemui , Oleh karena itu Raja Siak pada waktu itu memberi nama sungai tersebut sungai Bokor dan Desa yang ada dihulu sungai dinamakan Desa Bokor sampailah saat sekarang ini.

Bokor, sebuah desa di Kecamatan Rangsang, Kabupaten Kepulauan Meranti
Desa Bokor memiliki bentang alam yang luas dan indah, dengan berbagai tumbuhan yang tumbuh subur, seperti pinus, sagu dan hutan bakau, serta buah-buahan tropis seperti rambutan, durian dan pisang, sehingga masyarakat Desa Bokor memilih sektor pertanian dan perkebunan sebagai mata pencaharian mereka.

Desa Bokor juga menjadi tempat diselenggarakannya sebuah Event besar di Riau yang berskala tinggat Internasional.

  • Festival Bokor Reviera
  • Festival Bokor Folklore
  • Pesta Sungai Bokor
  • Bokor One Night
  • Bokor River Internasiaonal Reggae Festival
  • Bokor World Music Festival

Acara Festival ini mengundang berbagai wisatawan mancanegara yang pernah datang ke desa bokor seperti Singapura, Malaysia, Thailand ,Francis, Rumania, Wales,Inggris, Afrika Selatan, Korea dan sebagaian juga tamu dalam negeri indonesia.

Dengan agenda acara Festival ini desa bokor menawarkan pertunjukan dari berbagai pentas kesenian seperti musik tradisional dan musik moderen, Seni Ghazal, Tari Ayak Sagu dan juga Silat. Kegiatan lain yang berlangsung pada acara festival ini adalah Ekspedisi Hulu Sungai Bokor dan menjadi sebuah pesta yang memantik energi untuk mewujukan mimpi besar sebagai salah satu kawasan wisata budaya Riau.

Ekspedisi ini mengajak wisatawan untuk berkeliling ke Hulu Sungai Bokor dengan perahu sampan dan melihat rimbunnya hutan rawa bakau ( Magrove ) yang mengitari sungai tersebut. Masyarakat Desa Bokor juga telah memiliki kesadaran akan pentingnya sektor pariwisata serta keinginan untuk berpartisipasi di dalamnya.dan juga Ada lomba lari di atas tual sagu dengan panjang  sekitar 150 meter atau sekitar 1000 tual sagu, menggolek tual sagu, mancing senepak, main gasing, mengayam daun atap dari rumbia/sagu, main gasing, pacu sampan, dan wisata kuliner khas berbahan sagu yang di buat langsung dari Kelompok PKK desa bokor.

Dan di Desa Bokor terdapat beberapa kendala yang menghambat pengembangan sumber daya pariwisata Desa Bokor. Di antaranya adalah, minimnya sumber daya manusia yang memiliki kompetensi di bidang pariwisata, sehingga menimbulkan kesulitan dalam Pengembangan potensi pariwisata di Desa Bokor. potensi pariwisata yang ada dan yang disiapkan Desa Bokor untuk ditawarkan kepada wisatawan, seperti atraksi wisata, fasilitas, infrastruktur, transportasi, serta partisipasi masyarakat sebagai tuan rumah yang akan melayani wisatawan.

Harapan kita kedepannya pemerintah dan Kementrian Pariwisata memperhatikan kesejahteraan masyarakat. Kemajuan pariwisata harus diimbangi dengan kemajuan perekonomian masyarakat. Pemberdayaan ekonomi masyarakat adalah sebagai tolok ukur keberhasilan pariwisata Indonesia dan Desa juga perlunya peningkatan pariwisata dengan berbasis masyarakat. Strategi terbaik untuk mengembangkan pariwisata dengan meningkatkan partisipasi masyarakat adalah dengan cara meningkatkan lagi kemajuan desa wisata tersebut. namun jika kita masih punya kepedulian, tidak ada salahnya menuturkan dan melangkahkan sejenak kaki anda di Desa Bokor dan sekedar membuktikan apa yang ada ceritakan ataupun mengupas apa yang belum secara baik, sehingga kelak , anda, mereka dan bahkan dunia tahu Negeri kita menyimpan sejarah keindahan alam penuh pesona indonesia.

 

 

 

2 Comments

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Peraturan Desa (Perdes) Desa Bokor Kecamatan Rangsang Barat – DESA BOKOR
  2. Swadaya Masyarakat Dan Partisipasi Gotong Royong – DESA BOKOR
  3. Jalur Akses Masyarakat Yang Sering Digunakan, Tidak Layak Dipakai – DESA BOKOR

Komentar dan Saran Anda :