Giat Berkebun, Petani Bokor Panen Cabe Rawit

Desa Bokor – Cabe alias lade kata bahasa melayu, cabe rawit “ capsium frutescens “ merupakan tanaman dari benua amerika ceritanya. Nah tanaman ini cocok di kembangkan didaerah kita. Tanaman ini ditanam di daratan rendah dengan ketinggian 0 – 500 meter. Cabe rawit bisa tumbuh baik hingga ketinggian 1000 meter.

 Didesa bokor salah satu ada petani cabe rawit yang katanya 1 kali panen mendapatkan 100 kg cuman.sebab Karna lahannya tidak banyak untuk di olah untuk tanaman -tanaman tersebut.

Tanaman cabe rawit ini merupakan solusi Budidaya yang tepat dilahan yang sempi bisa jadi duit. Kami Team Desa Broadband “ Sideka “  kembali mencari solusi baek untuk mengetahui dimana lahan pertanian yang ada didesa khususnya desa bokor, untuk dikembang kan melalui media desa. Disitulah kami sedikit memberi pengetahuan tentang teknologi dan informasi dan manfaat dalam pendukung pengembangan pertanian berkelanjutan dengan para petani bisa sebagai mana bisa untuk mempromosikan tanamannya lewat media antara lain :

  • Mendorong terbentuk nya jaringan informasi pertanian baik dilokal maupun nasional
  • Meningkatkan peluang potensi pendapatan dan cara pencapaian
  • Meningkatkan kemampuan petani dalam usaha tani dan melestarikan

Mas Sarno yang kita kenal salah satu warga desa bokor yang bergiat sangat berkebun. Dia memulai merintis kebun cabe rawit nya berawal dari mulai pakai polybet sampai ke lahan tanah. Ia berkata budidaya cabe ini merupakan solusi tepat dimasa sulit dengan lahan yang sempit tapi jadi duit. Mas Sarno siap membantu untuk warga desa bokor yang mau kerjasama dalam pengolahan budidaya tanaman cabe/ lade dengan cara bagi hasil.

Sebagian kendala – kendala yang di hadapi para petani cabe :

  • Bibit tanaman
  • Pupuk sulit di dapatkan
  • Air pada musim panas sering kering ( tidak ada sumur bor )

   Berharap pemerintah sedikit memberikan harapan baru bagi para petani petani yang ada di desa kami ini dan kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan juga memberikan perhatian serius kepada para petani yang ingin bertanam cabe.
Dengan kedepannya masyarakat dapat banyak menanam dan memproduksi cabe dengan menjadi produsen. semua ini akan menciptakan kesejahteraan masyarakat DESA.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentar dan Saran Anda :