Usaha Ekonomi Yang Dikelola Sendiri “Bangsal Pengolahan SAGU ” Di Desa Bokor

Desa Bokor – Desa Bokor merupakan salah satu desa penghasil sagu di Kabupaten Kepulauan Meranti yang mana merupakan daerah penghasil SAGU terbesar di Indonesia dan ketiga di dunia. Memang, jika dibandingkan dengan  Provinsi Papua dan Papua Barat, tanaman sagu di Meranti masih kalah luasnya.


Kini masyarakat di Desa Bokor banyak berkebun sagu hampir tidak ada yang tidak bermanfaat dari tanaman SAGU. Tanaman sagu ini adalah yang menjadi ikon Kabupaten Kepulauan Meranti, diibarat pohon emas karena sangat berharga bagi masyarakat pemilik kebun SAGU tersebut.

Selain dari inti sagu yang bisa di manfaatkan banyak dari sisi lain dari pohon sagu yang sangat manfaat seperti Daunnya dapat disulam menjadi atap, batangnya juga bisa diolah menjadi SAGU, kulit atu uyung bisa dijadikan bahan dasar timbunan jalan,dinding rumah atau pondok serta kerajinan tangan.

Nah saat ini di desa bokor sudah ada satu kilang atau bangsal pengolahan sagu yang di buat dari usaha sendiri dengan hasil kerjanya sendiri. Pak safar adalah salah satu masyarakat bokor yang bertempat tinggal di jalan parit sadar. Saat ini ia tekuni perkerjaan usaha baru nya itu dengan kiat bekerja keras atas pembuatan bangsal sagunya ini. itu menjadi produksi SAGU mentah di desa bokor dengan tujuan agar pemasaran SAGU bisa lebih cepat perjualannya dalam pemanfaatan oleh masyarakat tempatan.

 

 

  Satuan harga Sagu Perkilo :

1 Kg = Rp. 4000 ( Dibangsal Sagu )

1 Kg = Rp. 5000 ( Antar di Tempat – Luar Desa dan Kota )


       

Untuk informasi lebih lanjut dengan Pemesanan SAGU Perkilo nya hubungi:

Pak SAFAR

” Bangsal Sagu ” Jalan Sialang Burung Desa Bokor 

Telpon : 0823 8550 3042 


Pak Safar & Kawan2 IT Desabroadband
Foto Bersama Pak Safar & Kawan2 IT DesaBroadband  

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentar dan Saran Anda :