Gema Pertanian Kacang Panjang Jadi Pelengkap Makanan Dibulan Suci Ramadhan

Desa Bokor – Kacang panjang ialah salah satu komiditi pertanian yang sangat di kenal dan banyak dimanfaatkan sebagian sayuran. Kacang panjang ini nilai gizinya tinggi sehingga sangat bagus dikomsumsi untuk pemenuhan gizi keluarga terutama protein nabati.

Didesa bokor merupakan desa yang di katakan desa wisata. Tidak hanya itu bokor juga salah satu desa yang masyarakatnya banyak bergiat dalam perkebun untuk sektor pertanian. kita lihat dari sebagian masyarakat desa tidak ada putus asa dalam bercocok tanam ( bekebun ) untuk kebutuhan yang diinginkan.

Joom  kita sapa dulu salah satu pemuda bokor yang kian lama duduk didesa yang mengakiri pendidikan nya untuk tetap duduk mengembangkan usaha didesa dan berbagai usaha – usaha lainnya dalam perkembangan pertanian, perkebun itu sendiri.

Disitu kita lihat ada pak cik Ali, Pak cik Jaka, Pak cik Ab, mereka dalam bulan suci ramadhan ini mendapat sedikit berkah dalam bercocok tanam perkebunannya, mereka memperkiraan kebun kacang panjang ini panen didalam bulan puasa, dengan harga 1 kg kacang panjang di jual 7000 – 8000 rupiah / kg nya.

hari pertama dan seminggu puasa mereka medapatkan orderan dari beberapa kedai –kedai sembako yang memasan untuk di taruk ditempat penjualannya. biasanya orang banyak memerlukan kacang panjang ini tersebut untuk membuat sayur kacang panjang , buat lontong dan ketupat.

Kacang panjang tersebut salah satu jenis sayuran yang cukup popular di masyarakat. Indikasinya terlihat dari pemintaan masyarakat bokor terhadap sayur ini tidak penah sepi, kacang panajng ini termasuk tanaman hortikultura yang mudah ditanam, baik daratan tinggi maupun rendah.

               Lokasi Perkebunan Kacang Panjang

Kendala Membudidayakan kacang panjang ini:

  • Tingginya tingkat serangan hama dan penyakit
  • Kurangnya tersediaan air
  • Bibit
  • Kerusakan panen dan pasca panen

Untuk informasi Penjualan dan Budidaya Tanaman Kacang Panjang hubungi :

Jaka Kumara, SP

Jln.H.Ibrahim – Gg.Hasan Basri

Telpon : 0852 7852 5455

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentar dan Saran Anda :