Laporan Program Kementrian Dan Kebudayan Untuk Pemajuan Kebudayaan Desa Bokor Oleh Daya Desa.”Susita.

Desa Bokor, Desa Broadband – Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari banyak pulau dan memiliki berbagai macam suku bangsa, adat dan kebudayaan

Di Desa Bokor juga salah satu yang dijadikan dalam program pemajuan kebudayaan desa oleh Daya Desa Susita

Bertempatan di kantor pemerintahan kepala Desa Bokor rapat persiapan aksi pengembangan program kebudayaan Desa Bokor dilaksanakan oleh kepala desa dan daya desa susita, (Rabu, 22/09/2021).

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Desa Bokor, Iriyanto Abdullah, Anggota DPR Kepulauan Meranti, Sopandi,S.Sos, PKK Desa, BPD Desa, Tokoh Kesenian, budaya,adat,pemuda desa dan masyarakat lainnya

Susita mengatakan kebudayaan melayu sebagai salah satu dari berbagai macam kebudayaan, haruslah mempelajari terlebih dahulu apa arti dari kebudayaan.

Memelihara dan melestarikan kebudayaan merupakan kewajiban setiap individu, maka dalam realisasi ini saya membuatkan laporan kebudayaan yang spesifiknya dalam kebudayaan yang berada dikampung saya Desa Bokor. ” kata Susita.

Foto: Pemaparan kebudayaan Desa Oleh Susita

Karena Desa Bokor Kaya alam akan kebudayaan sebagai bentuk pelestarian terhadap suatu tradisi dan saya menemukan ada beberapa tradisi yang masih di keluti oleh masyarakat kampung Bokor yang terutama. Baik dalam hal pelestarian kebudayaan ataupun peningkatan di bidang ekonomi.

Potensi Desa bokor yang saya temukan itu salah satunya adalah

  1. Kerajinan dari bambu ( anyaman keranjang )
  2. Kesenian tradisional melayu ( kesenian marwas)
  3. Perajin Bongsai Kelapa
  4. Permainan Gasing
  5. Kuliner Khas Melayu dari Sagu
  6. lari diatas tual sagu ( Mendapat REKOR MURI Dunia)
  7. Dan pengrajin ayaman Tikar Pandan

Dan Alhamdulillah  laporan Program kebudayaan pemajuan kebudayaan Desa bokor dari kementrian pendidikan dan  kebudayaan direktorat jendral kebudayaandi  dan pengembangan pemanfaatan budaya, di Desa Bokor kemungkinan insayaAllah diadakan Aksi event festival yang berjudul ” MENJULANG BUDAYE DI SUNGAI BOKOW “.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.