Kunjungan Visitasi dan Penilaian Dengan Terpilihnya Desa Bokor Dalam nominasi 15 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 Kemenparekraf

  • Dec 20, 2022
  • ADMIN DESA BOKOR
  • SENI DAN KEBUDAYAAN

Desa Bokor,Desa Broadband - Tim dewan juri dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Provinsi Riau menggelar kunjungan dalam rangka visitasi dan penilaian dengan terpilihnya Desa Bokor dalam nominasi 15 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022,Kamis (18/8/2022).

Dalam kesempatan ini, Ketua Pokdarwis Desa Wisata Bokor memaparkan program desa  yang turut dihadiri oleh Dewan Juri Kemenparekraf Provinsi Riau, Kadis Pariwisata Kabupaten Kepulauan Meranti,Anggota DPRD Kepulauan Meranti Sopandi,S.Sos serta tokoh adat ,Kebudayaan,agama dan pemuda setempat.

"Bokor adalah sebuah Desa yang jauh dari kebisingan kota, terletak di pulau  terluar indonesia. masyarakatnya mayoritas bersuku Melayu,  siap menyapa dengan keramahtamahan masyarakatnya bagi tamu tamu yang datang untuk sekedar berkunjung atau yang mau mementaskan pertujukan dalam sebuah event, dengan jumlah penduduk 3429 jiwa.

mempunyai ciri khas tersendiri dengan berbagai macam potensi didapat disini, mulai dari Budaya lokal, kuliner, kerajinan bambu, buah buahan musiman, kebersihan desa, hingga wisata sungai dengan membentang mangrove yang rindang disepanjang sungai Bokor siap menyapa Dunia dengan kearifan lokal dala menyatukan nilai nilai budaya melayu sebagai potensi unruk memajuikan negeri. mari Ke Desa Wisata Budaya Bokor, Kepulauan Meranti, Riau Indonesia Mewujudkan Desa bokor sebagai gerbang wisata di kabupten kepulauan meranti"Kata Susita.

"Dewan Juri Kemenparekraf mengatakan juga Anugerah Desa Wisata pada tahun 2022, dengan harapan untuk menumbuhkan semangat dan harapan dalam membangun pariwisata Indonesia dengan tema "Indonesia Bangkit". Kemenparekraf melalui Anugerah Desa Wisata ingin mengajak masyarakat desa untuk menggali potensi pariwisata yang menjadi kebanggaan Indonesia melalui 7 (tujuh) aspek penilaian Daya Tarik Pengunjung, Homestay, Toilet Umum, Suvenir, Digital dan Kreatif, CHSE dan Kelembagaan.

Yang kami nilai berdasarkan 7 Kategori, meliputi : Daya Tarik Pengunjung, Suvenir, Homestay, Toilet Umum, CHSE, Digital dan Kreatif, Kelembagaan.

 

Sampaian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengumumkan 500 besar desa wisata Anugrah Desa Wisata Indonesia 2022. Sebanyak 15 Desa wisata di Riau telah lolos penilaian tahap awal, setelah bersaing ketat dengan 3.419 desa wisata di Indonesia Kepada kami.

Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) memberikan apresiasi kepada masyarakat penggerak sektor pariwisata dalam upaya percepatan pembangunan desa, mendorong transformasi sosial, budaya, dan ekonomi desa. 

Rangkaian kegiatan ADWI 2022 sudah sampai pada tahap kurasi berdasarkan penilaian dewan juri terhadap 7 kategori penilaian klasifikasi desa wisata dan kelengkapan data melalui website Jadesta.

 Dengan sangat bangga kami mempersembahkan tahun 2022 sebanyak 3.419 desa wisata dari 34 provinsi di Indonesia. Pencapaian ini melebihi target dari 3.000 desa wisata sebelumnya. Hal ini merupakan apresiasi dan antusiasme yang sangat tinggi dari masyarakat di seluruh Indonesia,

Menparekraf telah mengumumkan 500 desa wisata ADWI 2022. Saya ucapkan selamat untuk 15 desa wisata dari kabupaten/kota di Riau yang lolos mewakili ajang ini.  Selanjutnya akan dikurasi menjadi 300 besar, 100 besar dan terakhir 50 besar. Insya Allah Riau siap. Semangat terus para insan desa wisata," kata Roni Rakhmat. 

Inilah 15 Desa Wisata di Riau yang lolos Anugerah Desa Wisata 2022 :

1. Desa Wisata Bokor, Kabupaten Kepulauan Meranti. 

2. Desa Wisata Meskom, Kabupaten Bengkalis. 

3. Desa Wisata Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis. 

4. Desa Wisata Sungai Luar, Kabupaten Indragiri Hilir. 

5. Desa Wisata Rantau Langsat, Kabupaten Indragiri Hulu. 

6. Desa Wisata Pulau Belimbing, Kabupaten Kampar. 

7. Desa Wisata Alam Buluh Cina, Kabupaten Kampar. 

8. Desa Wisata Tanjung Beringin, Kabupaten Kampar. 

9. Desa Wisata Gema, Kabupaten Kampar. 

10. Desa Wisata Kampung Budaya, Kabupaten Pelalawan. 

11. Desa Wisata Kampung Bono, Kabupaten Pelalawan. 

12. Desa Wisata Bangko Mukti, Kabupaten Rokan Hilir. 

13. Desa Wisata Kampung Melayu Kabupaten Siak. 

14. Desa Wisata Dayun, Kabupaten Siak. 

15. Desa Wisata Kampung Bandar Senapelan, Kota Pekanbaru