Membuat Sekam Padi Sebagai Media Tanaman Dan Pupuk

  • Jan 26, 2017
  • abdillahhatta

Desa Bokor – Limbah sering di artikan sebagai bahan buangan/bahan sisa dari pengolahan hasil pertanian padi, afrizal salah satu pemuda desa bokor yang salah satunya mahasiswa perguruan tinggi diRiau. Ia membuat sekam pagi menjadi sekam bakar.

IMG_0009 Pertama bahan dan peralatan yang di butuhkan dalam proses pembuatan ialah sekam padi yang ia ambil di tempat penggilingan beras yang berada di desa sebelah. Ujurnya afrizal

Kedua sing bekas rumah ia manfaatkan dan kemudian kayu arang untuk pembakarannya

Ketiga proses pembakaran dipilih lokasi yang jauh dari perumahan atau jalan karena proses pembakaran sekam padi akan menimbulkan asap.

Sakam padi arang ini memiliki banyak manfaat bagi dunia pertanian maupun kebutuhan industri.para pertani biasa memanfaatkan arang sekam ini sebagai penggembur tanah.

kini afrizal mencoba membuat sekam pagi bakar murah dengan berkualitas sendiri  dan seandainya ada pesanan untuk beli ia siap untuk di jualkan perkilo dengan harga Rp. 9.000 rupiah perpaket. Cara pemesannya cukup gampang tinggal pesan via online, sms / telpon .

Informasi lebih lanjut tentang media tanaman dan pupuk sekam padi bakar ini, hubungi: Alfa Afrizal Jalan Ibrahim Desa Bokor Telpon : 0813 6545 1528 Bbm      : 5A5B108E