Musyawarah Desa Penetapan RKPDES Tahun Anggaran 2024

  • Sep 27, 2023
  • TOMI

Desa Broadband Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP Desa) Tahun Anggaran 2024  yang dilaksanakan pada tanggal 27/09/2023, Badan Permusyawaran Desa (BPD) Desa Bokor menggelar Musyawarah Desa (MUSDES) Pembahasan dan Penetapan RKP Desa Tahun Aggaran 2024  

Musyawarah Desa yang diadakan di Kantor Desa Bokor dihadiri oleh: BPD, Babinsa ) Kepala Desa, Perangkat Desa, Pendamping Desa, TP. PKK, Ketua RT dan RW, LKMD, KPMD, Guru PAUD, dan perwakilan dari tokoh masyarakat. Adapun kegiatan secara garis besar meliputi paparan dari Tim Penyusun yang sudah dilakukan koreksi/perubahan saat Musrenbangdes lalu. BPD yang difasilitasi oleh Pemerintah Desa menyelenggarakan Musyawarah Desa dengan agenda antara lain : Pembacaan/Pelaporan Hasil Rancangan RKP Desa dilanjutkan Pembahasan dan Penetapan RKP Desa dan dituangkan dalam matrik rencana Program dan Kegiatan Tahunan.

Bidang pemerintahan yaitu untuk pemenuhan kebutuhan dasar/rutin seperti Penyelenggaraan Belanja Siltap Kades, Perangkat Desa, Operasional Pemdes, Tunjangan BPD, Penyediaan Insentif RT dan RW, serta kegiatan rapat-rapat dan penyusunan Laporan-laporan. Bidang Pembangunan desa meliputi Pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan peningkatan ekonomi masyarakat. Bidang Pembinaan Kemasyarakatan secara garis besar meliputi Dukungan Pelaksanaan Upacara Keagamaan, Kegiatan Lomba-Lomba, Pembinaan PKK dan lembaga lainnya. Bidang Pemberdayaan Masyarakat meliputi Penguatan ketahanan pangan Desa, serta Peningkatan Kapasitas Kades, Perangkat Desa dan BPD, . Selain itu untuk Penanggulangan Bencana, Darurat dan Mendesak masih kita anggaran untuk BLT DD. Seluruh kegiatan tertuang dalam matriks RKP Desa Tahun 2023. Sebelum acara ditutup dilaksanakan Penandatangan Berita Acara Penetapan RKP Desa yang diwakili oleh Kepala Desa, Ketua BPD serta Perwakilan Peserta Musdes. Yang oleh Kepala Desa diserahkan kepada Ketua BPD untuk dibahas lebih lanjut di Musyawarah BPD dalam Penetapan Peraturan Desa tentang RKP Desa Tahun Anggaran 2024.