Peduli Budaya Literasi, Babinkamtibnas Bokor Ciptakan Perpustakaan Digital

  • Jul 19, 2024
  • Hatta Abdilah

Desa Bokor, Desa Broadband - Bhabinkamtibmas Desa Bokor  mengambil langkah Proaktif dalam mendukung budaya literasi di masyarakat dengan menciptakan perpustakaan digital dan mendistribusikan baca buku juga internet gratis di desa bokor.

Dalam rangka melihat fasilitas Pos Bhabinkamtibmas yang di jadikan Pustaka Digital. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kepulauan Meranti, Atan Ibrahim mengunjungi Pos Bhabinkamtibmas Desa Bokor, Rabu (17/7/2024)

Kedatangan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kepulauan Meranti Atan Ibrahim beserta sejumlah staff disambut langsung oleh Kapolsek Rangsang Barat, Iptu Roly Irvan SH., MH., beserta sejumlah personel. Hadir juga, Kepala Desa Bokor Iriyanto Abdullah beserta staf Desa juga Bhabinkamtibmas Desa Bokor Aipda Ashobirin, tokoh masyarakat dan mahasiswa KKN Unri Desa Bokor.

Dalam sambutannya, Atan Ibrahim mengapresiasi atas dibentukya Pustaka digital di Pos Bhabinkamtibmas Desa Bokor, karena telah berperan mengembangkan perpustakaan sebagai pusat pengembangan pendidikan anak-anak pulau terluar.

"Kami merasa bangga atas dibangunnya Pos Bhabinkamtibmas dengan berbasis literasi digital ini, karena masyarakat sekarang sangat membutuhkan kemajuan teknologi untuk meningkatkan wawasan," ungkapnya.

Atan Ibrahim mengatakan, jika pihaknya sempat terpikir untuk membuat Pustaka literasi digital, namun ternyata inovasi tersebut sudah diwujudkan oleh Polsek Rangsang Barat di Pos Bhabinkamtibmas Desa Bokor.

"Semoga Pos Bhabinkamtibmas Desa Bokor ini dapat dikelola dengan baik sehingga Pos ini dapat menjadi pusat literasi digital anak-anak pulau terluar. Kami Dinas Perpustakaan dan Kearsipan siap bekerjasama," ujar Atan Ibrahim.

Kapolsek Rangsang Barat, Iptu Roly Irvan menjelaskan jika Pos Bhabinkamtibmas Desa Bokor sebagai pilot project dengan bangunan unik menggambarkan budaya Desa Bokor sebagai tujuan wisata yang dibangun berkalobarasi dengan Pemdes Bokor.

"Pos Bhabinkamtibmas ini bukan hanya sekedar berfungsi menjaga situasi kamtibmas, akan tetapi juga sebagai tempat edukasi masyarakat di bidang pengetahuan literasi digital," ungkap Roly Irvan.

Dikatakannya, saat ini Pos Bhabinkamtibmas Desa Bokor juga telah dilengkapi Wi-Fi sebagai sarana masyarakat daerah terluar meningkatkan literasi digital guna menghindari efek negatif dari internet, seperti _Hatespeech_  berita hoax, permasalahannya judi online dan konten-konten negatif lainnya.

"Bhabinkamtibmas Desa Bokor sebagai sosok kehadiran Polri di pulau terluar. Hadir di tengah masyarakat untuk melakukan kegiatan positif dan menjamin situasi kamtibmas yang kondusif," papar Roly Irvan.

Roly Irvan mengapresiasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan karena sudah meninjau langsung Pos Bhabinkamtibmas Desa Bokor, untuk melihat langsung bangunan dan fasilitas Pos tersebut.

"Apresisi juga kami sampaikan kepada Pemerintah Desa Bokor karena telah banyak berpartisipasi atas dibangunnya Pos Bhabinkamtibmas Desa Bokor berbasis digital ini," pungkas Roly Irvan.

Sebelumnya, Kepala Desa Bokor, Irianto Abdullah mengatakan jika Pemerintah Desa Bokor sangat mendukung adanya Pos Bhabinkamtibmas berbasis digital ini. Melalui Pos ini nantinya, diharapkan dapat menambah motivasi belajar anak-anak pulau terluar.

"Pemerintah Desa Bokor berterima kasih dengan dibangunnya Pos Babinkamtibmas berbasis IT ini, dengan mengajarkan literasi digital merupakan pengetahuan serta kecakapan pengguna dalam memanfaatkan media digital, seperti alat-alat komunikasi, jaringan internet dan lain sebagainya," ujar Irianto.

Diakhir pertemuan, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kepulauan Meranti menyerahkan hibah 10 buku untuk Pos Bhabinkamtibmas Desa Bokor dan dilanjutkan dengan peninjauan fasilitas Pos tersebut