Pelatihan kader kesehatan Dalam Meningkatkan Keterampilan Kegiatan Posyandu di Desa Bokor

  • Dec 31, 2022
  • Hatta Abdilah

Desa Bokor, Desa Broadband – Pemerintahan Desa menyelenggarakan pelatihan kader kesehatan untuk mewujukan Desa siaga dan sehat yang diikuti oleh kader posyandu, Sabtu,31/12/2022.

Pelatihan Kader kesehatan merupakan kegiatan dalam rangka mempersiapkan kader kesehatan agar mau dan mampu berperan serta dalam mengembangkan program kesehatan di desanya.

Dalam pelatihan dan pembukaan pelatihan oleh Kepala Desa dan Camat Rangsang Barat, Pembukaan pelatihan dihadiri juga oleh, Camat Rangsang Barat/ mewakili Herman, Kepala UPT Pukesmas anak setatah Noviarni,Pendamping Desa Ardinata,Kepala Desa Bokor Iriyanto Abdullah, BPD Sumardi, Perangkat Desa dan PKK juga para kader posyandu yang mengikuti pelatihan tersebut.

 

Berdasarkan data dilapangan menunjukkan bahwa pengetahuan dan keterampilan kader dalam melaksanakan tugas masih jauh dari harapan, hal ini dillihat dari pelaksanaan kegiatan posyandu  yang tingkatkan lagi perkembang yang nantinya akan berdampak terhadap pelaksanaan program desa siaga. Selama ini Kader Posyandu lebih sering menjadi pelaksana kegiatan saja, bukan pengelola Posyandu artinya bukan hanya melaksanakan kegiatan Posyandu saja, tetapi juga merencanakan kegiatan dan mengaturnya karena merekalah yang paling memahami kondisi kebutuhan masyarakat di wilayahnya tapi pada  kenyataan banyak Kader Posyandu yang tidak aktif lagi dan atau sangat kurang jumlahnya pengetahuan, sikap dan keterampilan masih kurang, bahkan ada yang belum memahami hal-hal baru berkaitan dengan kegiatan Posyandu.belum mengetahui perkembangan keadaan dan kebijakan-kebijakan baru yang berkaitan dengan pengelolaan Posyandu

 

Sehubungan dengan kondisi diatas dirasa perlu penyamaan persepsi dan peningkatan kemampuan/keterampilan kader posyandu terutama pengelola posyandu dan kader posyandu di wilayah kerja maka UPT Puskesmas Anak Setatah  dan desa menyelenggarakan pelatihan kader kesehatan .

Dalam kegiatan Pelatihan Kader Kesehatan di ikuti kader posyandu  se Desa Bokor  dengan waktu yang telah ditentukan jadwalnya. Peserta dalam pelatihan ini berkisar 20  orang dalam  4 dusun.

 

Materi yang disampaikan beragam mulai dari Kesehatan Lingkungan, Promkes (PHBS RT), Imunisasi, KB, Kespro, Psikologi, Gizi Lansia dan Balita (pelatihan pengisian KMS, Pembuatan MPASI) serta pelatihan P3P /P3K.

 

Semoga dengan diadakannya pelatihan ini bisa menambah wawasan serta keterampilan kader dalam meningkatkan kegiatan di Posyandu.