Tingkatkan Kualitas dan Produktivitas Durian Kampung, Kelompok Penangkar Petani Bokor Optimalkan Teknik Budidaya Durian

  • Nov 02, 2022
  • desabokor

Desa Broadband,Desa Bokor – Kelompok Penangkar Petani Durian Kampung Bokor mulai mengembangkan Teknik Budidaya tanaman durian dengan cara Sambung Pucuk/Okulasi. sistem ini dianggap bisa meningkatkan kualitas dan produktivitas tanaman durian.

Teknik Okulasi Durian Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas buah durian adalah dengan menyediakan bibit unggul. Untuk mendapatkan bibit unggul, tanaman diperbanyak secara vegetatif, atau gabungan antara vegetatif untuk batang atas dan generatif untuk batang bawah.

Kenapa bermula kami memilih cara ini , karena Keuntungan Bibit Okulasi tersebut bisa,Cepat berbunga dan berbuah,Bentuk Tanaman Rendah,Mudah Perawatannya,Mudah untuk di panen,memiliki keturunan sama dengan induknya

Atas bimbingan dan pembinaan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian serta penyuluhan PPL Desa di Kabupaten Kepulauan Meranti

Senin s/d Ju'mat 19-23 September 2022, disepakati oleh Sudarmadi,SP perwakilan dari Kepala Dinas dan Ketahanan Pangan Kab. Kepulauan Meranti berangkat ke Balitbu Tropika, Balai Penelitian  Tanaman Buah Tropika (Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementrian Pertanian ) untuk belajar memperdalam Teknik budidaya tanaman durian

"Dalam Kegiatan Bimtek secara resmi dibuka oleh Kepala Balitbu Tropika Dr. Helmi Kurniawan, S.P, M.P dan Hendri, S.TP, M.Sc selaku sub Koordinator Jasa Penelitian. Dalam sambutannya Kepala Balitbu Tropika berpesan agar dapat optimal dan memanfaatkan kesempatan menggali ilmu dari para narasumber-narasumber yang berkompeten di Balitbu Tropika, dengan harapan calon Penangkar dari Kab. Kepulauan Meranti bisa menjadi penangkar yang bertaraf Nasional."

Adapun para narasumber pada Bimbingan Teknis (Bimtek) tersebut adalah Fitriana Nasution, S.P, M.Sc, Sukarmin, S.P, Titin Purnama, S.P, M.Si, Noflindawati, S.P, M.Si, Deni Emilda, S.Si, M.Sc, Firdaus Usman, Mujiman dan Minah. Materi dari Bimtek antara lain yaitu Teknik Perbanyakan dan Budidaya Durian, Alpukat, Manggis, Pepaya dan Pisang.

" Untuk mendukung peningkatan penggunaan benih varietas unggul bersertifikat, diperlukan sistem pengelolaan produksi benih yang baik sehingga mampu menyediakan benih di tingkat lapangan sesuai dengan kebutuhan petani, yaitu benih dengan mutu kualitas baik  yang sudah kami buat daftar Pusat Perlindungan Varietas Tananam Dan Perizinan Pertanian,Varietas Tanaman Lokal dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam Daftar PVT, serta diumumkan dalam berita Resmi PVT."kata Sekretaris Pertanian Meranti Sudarmadi,SP.

Dalam rincian Varietas nya adalah:

  1. Varietas Durian Kesep
  2. Varietas Durian Calung
  3. Varietas Durian Kacang Puii
  4. Varietas Durian tembaga
  5. Varietas Durian Blewah

Dengan kesimpulan Agar memperoleh hasil yang optimal, Kelompok usaha pembibitan dengan teknik sambung pucuk , para petani penangkar benih tanaman durian bisa menjadi yang bermutu dalam waktu singkat. selain itu, dengan cara seperti ini mutu genetik dapat dipertahankan bahkan di tingkatkan, diperoleh pohon yang dapat berbuah lebih cepat, dan dengan mutu produksi yang lebih baik.